Minggu, 16 Desember 2007

May i Save My World ?

Begitu terjaga dari tidur, mataku langsung tertuju pada kotak bergambar yang berada di depanku. Saya tak menyadari kalau tv di kamarku sudah dalam keadaan hidup sejak malam hari dan saya lupa untuk mematikannya karena terlalu lelap dan tertidur.

Kutonton salah satu acara di stasiun tv vaforitku. Di sana dibahas mengenai ‘global warning’, apa yang menyebabkan apa efek yang ditimbulkan, dan akibat yang akan terjadi nantinya. Kupaksa mata yang masih begitu berat untuk menontonnya. Yang kuliaht saat itu tidak jauh beda dengan film yang pernah kutonton waktu masih duduk di kelas 3 SMP yang berjudul “The Day After Tomorrow”.

Melintas dalam fikiranku, apakah akhir dari dunia ini bakalan sama dengan akhir dari film tersebut? Dalam film mengisahkan kalau bencana akan terjadi secara beruntun dan karena pengaruh pemanasan global, es di kutub akan mencair dan menyebabkan volume air laut menjadi bertambah. Kemudian akan muncul gelombang raksasa dari arah utara dan menenggelamkan semua benua yang letaknya di utara bumi. Lalu di langit terbentuk sebuah mata kutub yang dalam sepersekian detik dapat menyebabkan sesuatu membeku karena suhunya yang beratus-ratus dibawah nol derajat. Kemudian terjadilah peradaban atau zaman es baru.

Fikiranku melayang jauh dan akhirnya sampai disebuah khayalan bagaimana kalau seandainya itu benar-benar terjadi? Pertanyaan yang membuat diriku gemetar,”dimanakah berada diriku pada masa itu?”. Semua orang pasti takut dan tak ingin itu terjadi, tapi mengapa tingkah manusia malah semakin menjadi-jadi?.

Indonesia bisa saja berbangga karena Bali dijadikan sebagai tempat dibicarakannya KTT yang membahas masalah ‘Global Warning’. Tapi sebenarnya Indonesia dipilih karena Indonesia menjadi nomor 1 di Asia dan peringkat ke tujuh di dunia yang menyebabkan efek rumah kaca. Ku kembalikan lagi pada diriku sendiri. Tindakan apa yang sudah ku perbuat untuk menyalamatkan bumiku dari sebuah kepunahan?

Sekarang bagiku film "The Day After Tomorrow" sudah bukan lagi film yang wajib tonton dengan alasan segi cerita dan animasi yang keren. Tapi diwajibkan untuk ditonton agar manusia menyadari apa yang telah mereka lakukan dan akan melihat apa akibat dari perbuatannya...

Tidak ada komentar: